270 Mahasiswa Ikuti Tes PTESOL Kerjasama LP3B ITG dan Balai Bahasa UPI

Garut, 17 Februari 2024 – Sebanyak 270 mahasiswa antusias mengikuti tes kemahiran Bahasa Inggris Proficiency Test of English for Speakers of Other Languages (PTESOL) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan, Pembelajaran, dan Bahasa (LP3B) Institut Teknologi Garut (ITG) bekerja sama dengan Balai Bahasa UPI. Tes ini diadakan pada hari Sabtu, 17 Februari 2024 di Kampus ITG Garut dan dibagi menjadi 4 sesi.

Peserta tes PTESOL kali ini adalah mahasiswa semester 7 dari Program Studi Teknik Industri, Teknik Sipil, dan Teknik Informatika. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris para mahasiswa, khususnya dalam bidang Teaching English to Speakers of Other Languages (TESOL).

Ketua LP3B ITG, Reski Ramadhani, S.Pd., M.Hum., mengatakan bahwa kerjasama dengan Balai Bahasa UPI ini merupakan salah satu upaya LP3B dalam meningkatkan kualitas pendidikan di ITG, khususnya dalam bidang Bahasa Inggris.

“Kami ingin memastikan bahwa lulusan ITG memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni, terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri atau bekerja di perusahaan multinasional,” ujar Reski.

Lebih lanjut, Reski menjelaskan bahwa tes PTESOL ini merupakan salah satu program unggulan LP3B ITG dalam rangka meningkatkan skillset para mahasiswanya.

“LP3B ITG berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di ITG, salah satunya dengan menyelenggarakan tes PTESOL ini,” imbuhnya.

Apresiasi Peserta

M. Faturrahman yang merupakan salah satu peserta tes PTESOL, mengungkapkan apresiasinya atas penyelenggaraan tes ini. Ia mengatakan bahwa tes PTESOL ini sangat bermanfaat untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggrisnya dalam bidang TESOL.

“Tes ini sangat bermanfaat bagi saya untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris saya dalam bidang TESOL. Hasil tes ini akan saya jadikan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris saya,” ujar Faturrahman.

Faturrahman juga berharap LP3B ITG dapat terus menyelenggarakan tes PTESOL ini secara berkala agar semakin banyak mahasiswa yang dapat mengikuti tes ini.

“Saya berharap LP3B ITG dapat terus menyelenggarakan tes PTESOL ini secara berkala agar semakin banyak mahasiswa yang dapat mengikuti tes ini dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka,” harapnya.

Kerjasama Berkelanjutan

Tes PTESOL UPI ini rutin dilaksanakan setiap tahun bagi Mahasiswa Semester 7 di Institut Teknologi Garut dan diharapkan memberi manfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di ITG, khususnya dalam bidang Bahasa Inggris.

LP3B ITG dan Balai Bahasa UPI berkomitmen untuk terus berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di ITG, khususnya dalam bidang Bahasa Inggris. Kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan ITG yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni dan siap bersaing di dunia global.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *