ITG dan Qwords Bersinergi: Transformasi Pendidikan Teknologi Lewat Kerja Sama Strategis

Garut, 11 Juni 2024. Institut Teknologi Garut (ITG) resmi menjalin kerja sama dengan PT Qwords Company International, sebuah perusahaan teknologi terkemuka yang menyediakan layanan web hosting, solusi cloud & data center, nama domain, dan layanan digital lainnya. Kerja sama ini diresmikan pada 11 Juni 2024 di Aleyra Hotel and Villa’s Garut.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Rektor ITG, Prof. Dr. Hilmi Aulawi, ST., MT. IPU., dan CEO PT Qwords Company International, Rendy Maulana Akbar. “Kami sangat antusias dengan kerja sama ini. Ini adalah langkah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di ITG, terutama dalam bidang teknologi informasi,” kata Prof. Hilmi Aulawi.

Rendy Maulana Akbar, CEO Qwords, juga memberikan komentarnya, “Kerja sama ini sejalan dengan komitmen Qwords untuk mendukung perkembangan teknologi di Indonesia. Kami berkomitmen untuk membantu mengembangkan dunia pendidikan melalui berbagai program, termasuk kuliah umum, praktisi mengajar, masukan kurikulum dari dunia industri, dan program magang untuk mahasiswa yang dapat terkonversi sebanyak 20 SKS. Kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan di ITG.”

Setelah penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan penandatanganan MoA (Memorandung of Agreement) antara Prodi Teknik Informatika, yang diwakili oleh Ketua Prodi Teknik Informatika, Ridwan Setiawan, M.Kom., dan PT Qwords. “Ini adalah kesempatan besar bagi Prodi Teknik Informatika untuk berkolaborasi dengan industri dan meningkatkan kompetensi mahasiswa kami,” ujar Ridwan Setiawan.

MoA juga dilakukan antara Prodi Sistem Informasi yang diwakili oleh Ketua Prodi Sistem Informasi sekaligus Ketua PKKM Prodi Teknik Informatika, M. Rikza Nashrulloh, M.Kom. “Kami berharap kerja sama ini dapat membuka lebih banyak peluang bagi mahasiswa kami dalam bidang penelitian dan pengembangan teknologi informasi,” kata M. Rikza Nashrulloh.

Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari Program PKKM yang melibatkan kunjungan ke mitra oleh ITG ke kantor Qwords di Jakarta pada 3 Juni 2024 (Link). Kunjungan tersebut diwakili oleh Ketua Jurusan Ilmu Komputer, Dr. Dede Kurniadi, S.Kom., M.Kom., Ketua Prodi Teknik Informatika, Ridwan Setiawan, M.Kom., dan Ketua PKKM Teknik Informatika, M. Rikza Nashrulloh, M.Kom. “Kami melihat potensi besar dalam kerja sama ini, terutama dalam memperkuat link and match antara pendidikan tinggi dan industri,” kata Dr. Dede Kurniadi.

Langkah ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara ITG dan Qwords dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *