Pameran Perancangan Arsitektur ITG 2024: Meriahkan Dunia Arsitektur dengan Inovasi dan Kearifan Lokal

Institut Teknologi Garut (ITG) menggelar Pameran Perancangan Arsitektur pada tanggal 12 Januari 2024. Dibuka oleh Rektor ITG, Prof. Dr. Hilmi Aulawi, S.T., M.T., IPU., pameran ini dihadiri oleh para pimpinan, dosen, dan mahasiswa yang berada di lingkungan Institut Teknologi Garut.

Pameran Perancangan Arsitektur menjadi salah satu agenda rutin tahunan yang diselenggarakan setiap semester Ganjil oleh Program Studi Arsitektur ITG. Tahun ini, kegiatan tersebut menghadirkan produk-produk kreatif mahasiswa arsitektur dalam bentuk poster desain dan maket model. Pameran ini memberikan ruang bagi para mahasiswa untuk mempresentasikan hasil dari berbagai proyek yang telah mereka selesaikan pada akhir semester.

Setidaknya 89 mahasiswa dari semester 1, 3, dan 5, bersama dengan seluruh dosen arsitektur, turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk menampilkan kemampuannya dalam merancang bangunan atau kawasan melalui poster desain dan maket model. Keberagaman produk desain yang dihasilkan mencakup desain bangunan kindergarten, high rise building hotel bintang 5, perancangan kawasan villa, struktur bangunan bertingkat sedang, dan instalasi ruang.

Pentingnya kegiatan ini tak hanya sebatas dalam memamerkan hasil karya, tetapi juga sebagai upaya meningkatkan suasana akademik di Program Studi Arsitektur ITG. Pameran ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk berbagi ide, memperkuat kreativitas, dan membangun semangat berarsitektur.

Sejalan dengan visi Program Studi Arsitektur ITG, kearifan lokal dan budaya Sunda menjadi fokus utama dalam setiap proyek desain. Para mahasiswa menggabungkan nilai-nilai tersebut ke dalam rancangan mereka, menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan memperkaya warisan budaya setempat.

Dalam kata sambutan, Rektor ITG, Prof. Dr. Hilmi Aulawi, S.T., M.T., IPU., menyatakan kebanggaannya atas kreativitas dan dedikasi para mahasiswa. “Pameran ini adalah bukti nyata kemampuan dan potensi luar biasa mahasiswa arsitektur ITG. Mari kita terus mendukung perkembangan inovatif mereka untuk mewujudkan desain arsitektur yang berdaya saing tinggi,” ujarnya.

Pameran Perancangan Arsitektur ITG 2024 berhasil menarik perhatian masyarakat luas, membuktikan bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat akademis internal kampus, tetapi juga menginspirasi dan memotivasi para pengunjung dari luar kampus. Para mahasiswa dan dosen arsitektur ITG berharap bahwa keberhasilan ini dapat terus dijaga dan menjadi motivasi untuk Pameran Perancangan Arsitektur 2025.

Tertarik dengan hasil karya mahasiswa arsitektur ITG? Nantikan terus inovasi dan kreativitas mereka di Pameran Perancangan Arsitektur 2025!

SemangatBerarsitektur!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *