Penguatan Kemandirian Desa Melalui Pemanfaatan Teknologi Dalam Mendukung Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Garut: Pelepasan KKN Tematik ITG 2023

Bayongbong, Garut – Pada tanggal 01 Agustus 2023, Institut Teknologi Garut (ITG) menggelar acara pelepasan untuk program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan tema “Penguatan Kemandirian Desa Melalui Pemanfaatan Teknologi”. Acara berlangsung di lapangan Kecamatan Bayongbong dan dihadiri oleh sejumlah peserta KKN, perwakilan kecamatan, perwakilan polsek bayongbong, Koramil 1113 Bayongbong, perwakilan APDESI serta pihak ITG.

Sebanyak 391 peserta KKN dari lima program studi di ITG, yaitu Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Arsitektur, telah aktif terlibat dalam program ini. Dengan semangat untuk berkontribusi dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Garut, para mahasiswa ini menjalankan beberapa program kerja (Proker) di 18 desa yang tersebar di Kecamatan Bayongbong.

Pelepasan KKN ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan mahasiswa dalam menerapkan ilmu dan keterampilan yang mereka miliki demi kemaslahatan masyarakat. Melalui tema “Penguatan Kemandirian Desa Melalui Pemanfaatan Teknologi”, para peserta KKN berfokus pada upaya meningkatkan indeks pembangunan manusia dengan menghadirkan solusi inovatif dan berkelanjutan.

Acara ini turut disambut oleh Camat Bayongbong Bapak Frederico Fernandes, S.STP. selaku perwakilan dari Kecamatan Bayongbong, dan Dr. Ida Farida, M.T., selaku Wakil Rektor I yang mewakili pihak ITG. Bapak Frederico Fernandes dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya terhadap upaya mahasiswa ITG dalam mendukung pembangunan di wilayahnya. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan dan pemerintah daerah untuk mencapai perkembangan yang berkelanjutan.

Dr. Ida Farida, M.T., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada semua peserta KKN atas komitmen dan kerja keras mereka. Ia menjelaskan bahwa tema yang diusung oleh program KKN ini sesuai dengan arah perkembangan teknologi dan pembangunan berkelanjutan. Ia juga menekankan bahwa upaya ini adalah bagian dari misi ITG dalam menciptakan lulusan yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademik, tetapi juga berkontribusi nyata dalam memajukan masyarakat.

Pelepasan KKN ini nantinya tidak hanya merayakan berakhirnya program, tetapi juga memandang ke depan pada dampak jangka panjang yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa melalui Proker yang telah di susun masing-masing kelompok. Dengan semangat penuh, mereka diharapkan membawa perubahan positif dan memberikan contoh inspiratif tentang bagaimana teknologi dapat menjadi katalisator dalam meningkatkan kemandirian desa dan indeks pembangunan manusia khusunya di kecamatan bayongbong dan umumnya di kabupaten garut.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *