Teknik Sipil ITG Mengadakan Pembekalan Kompetensi Tambahan Bagi Calon Lulusan (S1) & Lulusan Perguruan Tinggi Bidang Konstruksi TA 2021

Garut, Mulai tanggal 23 sd 27 Agustus 2021 dilakukan pembekalan kompetensi tambahan bagi calon lulusan S1 dan freshgraduate mahasiswa program studi teknik sipil, Institut Teknologi Garut yang dilakukan secara daring.

Pembekalan kompetensi tambahan ini terselenggara atas kerjasama prodi teknik sipil Institut Teknologi Garut dan kementrian PUPR direktorat jenderal bina konstruksi, balai jasa konstruksi wilayah III jakarta. Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian pembinaan kompetensi yang dilakukan oleh kementrian PUPR setiap tahunnya.

Dimana menurut Undang undang no 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi mewajibkan  bagi setiap tenaga kerja konstruksi dan penyedia jasa konstruksi memiliki sertifikat kompetensi. Diawali dengan workshop SIBIMA (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri) Konstruksi, pembekalan kompetensi tambahan dan uji sertifikasi kompetensi SKA Muda.

Kerjasama ini sudah berjalan setiap tahunnya dengan tujuan yang sama tetapi pola penyampaian yang berbeda, menyesuaikan kondisi negara dan daerah yang masih berada dalam masa pandemi. Sebelum masa pandemi, pembelajaran dan sosialisasi SIBIMA menghadirkan perwakilan dari PUPR Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta ke kampus. Tanggal 19 Agustus 2021 workshop SIBIMA oleh PUPR dilaksanakan secara daring.

Untuk pembekalan kompetensi tambahan dilaksanakan oleh Instruktur dari Institut Teknologi Garut yang telah mengikuti Training of Trainers (TOT)  yang dilaksanakan oleh PUPR tersebut. Instruktur tersebut adalah Eko Walujodjati, S.T., M.T., Ida Farida, S.T., M.T., Ganjar Jojon J, S.T., M.T, Athaya Zhafirah, S.ST., M.Tr.t. dengan materi sesuai kompetensi masing masing instruktur.

Instruktur Eko Walujodjati, S.T., M.T., Ida Farida, S.T., M.T., Ganjar Jojon J, S.T., M.T, Athaya Zhafirah, S.ST., M.Tr.t.

Pada pembekalan tahun ini diikuti oleh sekitar 50 an lebih peserta, baik dari mahasiswa calon lulusan dan yang sudah lulus. Diharapkan kegiatan ini akan berjalan lancar dan berkelanjutan dari tahun ke tahun. Aamiin. (eko w).

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *