Webinar Kolaborasi IGI Garut dengan Institut Teknologi Garut (ITG)

Garut – Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 IGI Garut berkolaborasi dengan Mahasiswa KKN Daring Kelompok 5 Informatikan Institut Teknologi Garut, menyelenggarakan Webinar bagi Insan Pendidikan dengan Tema Aplikasi Digital, Solusi Merdeka Belajar di Masa Pandemi. Kegiatan ini memberikan angin segar bagi Insan pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Garut, mengingat kondisi di tengah pandemi Covid 19 ini menjadi tantangan bagi Para Guru dan siswa untuk mengoptimalkan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan teknologi informasi. Kegiatan webinar ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 13 – 14 Agustus 2021.

Kegiatan Hari Pertama, 13 Agustus 2021

Kegiatan webinar hari pertama dipandu oleh Mardiah, S.Pd yang diawali dengan pembacaan basmallah serta Ayat suci Al Qur’an, yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama. serta menyimak lagu mars IGI. Sambutan pertama oleh M. Rikza Nashrulloh, M.Kom selaku Dosen Pembimbing Kelompok 5 KKN Informatika ITG dalam sambutannya mengatakan: “Saat ini secara fisik siswa terpaksa untuk melakukan pembelajaran berjarak jauh, berjarak dengan Guru, berjarak dengan buku, berjarak dengan teman, hanya 1 yg tidak berjarak yaitu Smartphone dengan segala fitur canggihnya”.

Rikza juga menyampaikan, Jika saat ini siswa mungkin terbalut lupa, lupa dimana seragam sekolah tersimpan dan lupa hari apa seragam itu dipakaikan. Jika siswa lupa seragam bisa jadi termaklumkan, tapi bagaimana jika nama guru juga ikut terlupakan? Maka untuk para guru penyuluh kegelapan, mohon agar siswa jangan disalahkan karena kita sedang berada di masa pandemi yang penuh ketidakpastian. Sebagai solusi, selaku Pendidik kita harus pro aktif, menjadi guru yang lebih hebat dan kuat menghadapi tantangan ini dengan mengoptimalkan teknologi informasi sebagai sarana pembelajaran dimasa ini. Harapan Rikza, para peserta webinar dapat mengikuti rangkaian acara dengan baik dan selalu bersemangat dalam menambah pengetahuan khususnya untuk kemajuan pendidikan di indonesia. ” Meskipun nanti pada akhirnya pandemi akan berlalu, saya harap, semangat guru hebat jangan berlalu, untuk terus mempelajari Teknologi Informasi yang dapat mendukung pembelajaran dengan tujuan mencerdaskan kehidupan Bangsa” Ujar Rikza.

Selaras dengan kebutuhan untuk mengoptimalkan Teknologi Informasi yang dapat mendukung pembelajaran Daring, Saat ini Sekolah Tinggi Teknologi Garut telah bertransformasi menjadi Insitut Teknologi Garut dan membuka 2 program studi baru yaitu S1 Sistem Informasi dan S1 Arsitektur. “Dengan penambahan 2 program studi baru ini, khususnya program studi S1 Sistem informasi, Institut Teknologi Garut dapat menjadi solusi untuk mewujudkan SDM yang kompeten di bidang pengembangan Teknologi Informasi. Dengan adanya S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem Informasi di Institut Teknologi Garut, semoga masyarakat Indonesia khususnya Garut dapat lebih mudah mengakses pendidikan tinggi. Dengan harapan tantangan pendidikan di Indonesia khususnya yang berkaitan dengan penggunaan teknologi Informasi dapat terjawab dengan banyaknya lulusan Sarjana Teknik Informatika dan Sarjana Sistem Informasi yang dapat berkiprah dalam reka cipta Teknologi Informasi bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Sambutan kedua disampaikan oleh Nono Kartono, ST Ketua IGI Kabupaten Garut, pada sambutannya mengatakan bahwa kegiatan webinar ini merupakan salah satu upaya untuk peningkatan skill kompetensi guru ditengah pandemi yang sedang melanda kita semua, serta dalam mewujudkan merdeka belajar menjelang hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke76, IGI Garut berupaya dalam mendorong merdeka belajar dengan menggunakan aplikasi digital seperti: Zipgrade, canva educator, serta app inventor, yang kita akan kupas pada webinar pada tanggal 13 & 14 Agustus 2021. Sebagai pengurus dan anggota IGI Kabupaten Garut selalu berprinsip DKA (Dinas Karena Alloh) sesuai dengan semboyan kami sharing and growing together dari Garut untuk Indonesia.

Insya Alloh bagi bapak ibu yang berkeinginan untuk menjadi anggota IGI khususnya di kabupaten Garut, kami akan bantu proses pendaftaran secara gratis mulai tanggal 16 s.d 22 Agustus 2021 sesuai dengan amanat AD/ART IGI serta program kerja IGI. Kami mengajak bapak ibu guru hebat untuk bergabung dengan kami di NgaBaSo IGa (Ngariung Bareng Sobat IGI Garut) untuk bisa sharing dan kita mendorong lahirnya sebuah karya misalnya SAGUSATU (Satu Guru Satu Tulisan) yang dapat bermanfaat bagi guru lainnya.

Kebiasaan pada pelatihan IGI kita di dorong untuk bisa dan setiap peserta akan mendapatkan e-sertifikat yang memiliki setara jam pelajaran dengan setiap peserta mempunyai kewajibann untuk menyelesaikan penugasan setiap materi sebagai wujud pemahaman materi yang diberikan para pemateri. Jika ada sebagian peserta terkendala ada pendampingan di grup khusus sampai bisa memahami materi yang diberikan bahkan bisa privat sesuai dengan kesedian pematerinya.

Materi kesatu oleh Ita Octavia R.K., M.Pd.I Sekeretaris IGI Kabu paten Garut berisi materi tentang Zipgrade, koreksi LJK semudah selfi. Zipgrade merupakan aplikasi koreksi LJK berbasis android. Cara kerjanya adalah dengan memindai lembar LJK siswa. LJK siswa tersebut dirancang khusus untuk dapat dipindai menggunakan hp android. Aplikasi zipgrade ada yang free ada pula yang berbayar. Fasilitas yang diperoleh dari keduanya hampir sama, kecuali satu hal, yaitu kapasitas sheet LJK yang dipindai. Bila falam aplikasi zipgrade free jumlah sheet LJK untuk dipindai hanya 100 sheet, sedangkan dalam aplikasi berbayar jumlah sheet unlimited. Fasilitas lainnya sama, baik dalam aplikasi gratis maupun yang berbayar, seperti meng-add nama-nama siswa, membuat sheet LJK, membuat kuis, membuat kunci jawaban, memindai sheet LJK, hasil pindaian dan analisis item soal.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, maka aplikasi Zipgrade harus diunduh terlebih dahulu dari play store, kemudian dilanjutkan dengan membuat akun, yaitu dengan mendaftrakan akun email.  Pengguna dapat melakukan semua aktivitas dalam aplikasi zipgrade di gadgetnya yang telah terinstall aplikasi Zipgrade. Seperti membuat kelas,  menginput nama-nama siswa, membuat sheet LJK dan sebagainya. Hanya saja, saat menginput siswa akan lebih nyaman dilakukan di web zipgrade. Dengan login di web zipgrade.com menggunakan akun email dan password yang sama saat mendaftar, pengguna dapat menginput siswa di sana dengan cara mengupload file csv yang berisi nama siswa dengan format tertentu. Dalam 2 menit, siswa dalam satu kelas sudah terinput ke dalam kelas zipgrade. Sedangkan penginputan yang dilakukan dengan hp memakan waktu lebih lama, karena penginputan dilakukan satu per satu.

Jika semua perlengkapan untuk pemindaian sheet LJK sudah siap, maka pemindaian sudah dapat dilakukan. Langkah-langkah persiapan pemindaian LJK menggunakan aplikasi Zipgrade:

  1. Membuat kelas di zipgrade
  2. Menginput seluruh nama siswa di kelas zipgrade
  3. Membuat sheet/lembar LJK zipgrade, unduh, lalu diprint out
  4. Memindai sheet LJK yang sudah terisi

Setelah materi selesai ada penugasan untuk melanjutkan serta simulasi pembuatan zipgrade nya sesuai dengan akun masing-masing.

Kegiatan Hari Kedua, 14 Agustus 2021

Kegiatan webinar hari kedua dipandu oleh Mardiah, S.Pd yang diawali dengan pembacaan basmallah serta Ayat suci Al Qur’an, yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama. serta menyimak lagu mars IGI.

Materi kedua oleh assa Robby Azizan, S.Pd., materi yang disampaikan tentang Canva yang merupakan platform untuk mendesain secara kreatif dan mudah. Jika dulu seseorang harus memiliki skill mumpuni untuk membuat berbagai desain kreatif seperti flyer, banner, cover bukuatau slide presentasi, dengan canva yang sudah menyediakan berbagai template menarik kekinian, semuanya dapat dilakukan dengan mudah. Saya sendiri sebagai guru sudah banyak memanfaatkan Canva dalam proses pembelajaran, utamanya mendesain flyerlesson plan, infografis, dan berkas presentasi. Canva menyediakan semuanya secara gratis, meskipun juga menyediakan alternatif berbayar dengan fitur yang komplit seperti berbagai macam font premium, foto-foto, dan elemen desain seabrek. Bahkan menariknya, mendukung online learning, Canva menyediakan Canva for Education.

Canva for Education adalah canva dengan akses freemium (premium gratis hemat 800.000) untuk para guru. Seperti akun premium atau pro berbayar, Canva memberikan fasilitas pro tersebut secara cuma-cuma untuk guru. Sehingga guru dapat membuat presentasi, dekorasi kelas, infografis, lembar kerja, rencana pelajaran, dan banyak lagi secara bebas tanpa harus membayar. Yang kemudian di simulasi tata cara pendaftaran dan manfaat aplikasi canva for educator bagi pendidik.

Materi ketiga oleh Iwan Sopian, ST., S.Pd., materi yang disampaikan APP Inventor adalah tool pemrograman berbasis blok yang memungkinkan semua orang, bahkan pemula, untuk memulai pemrograman dan membangun aplikasi yang berfungsi penuh untuk perangkat Android

Aplikasi APP Inventor free. App inventor sudah mendapat perhatian pada:

  • Pendidik formal dan informal
  • Pemerintah dan masyarakat karyawan dan relawan
  • Desainer dan manajer produk
  • Penggemar dan Pengusaha

Versi APP Inventor ada 2 yaitu OFFLINE dan ONLINE untuk yang Offline  dapat didapatkan dari M.  Hossein  Amerkashi yang  sudah mengembangkan App Inventor versi Offline  dengan nama Ai2LiveComplete. untuk versi Offline Anda tidak perlu untuk koneksi internet(Hubungi:IGI Garut) DVD Offline (1,11GByte) versi online Anda butuh koneksi internet Kunjungi situs: http://ai2.appinventor.mit.edu/ kemudian dilakukan simulasi proses pembuatan hingga ditugaskan untuk memenuhi persyaratan peserta untuk mendapatkan e-sertifikat 32 jam.

Pada sesi akhir penutupan semua peserta foto bersama, dan ada penugasan untuk 3 materi yang harus dikumpulkan maksimal 7 hari dari pelaksanaan kegiatan webinar ini untuk ditukarka dengan e-sertifikat kegiatan webinar ini.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *